OPTIMALISASI PEMANFAATAN PERALATAN BENGKEL PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

OPTIMALISASI PEMANFAATAN PERALATAN BENGKEL

PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Oleh

Agus Triyatno

NIM. 11503247007

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bengkel pemesinan dan keoptimalan pemanfaatan peralatan bengkel yang dilakukan oleh siswa di SMK Muhammadiyah 1 Salam.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sumber data penelitian  adalah kepala bengkel, guru praktik, dan siswa program keahlian teknik pemesinan. Responden siswa adalah siswa kelas XI dan XII diambil secara acak. Jumlah responden siswa ditentukan dengan tabel Morgan pada tingkat kesalahan 5% sebanyak 97 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian diperoleh dari expert judgement, reliabilitas angket dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi bengkel pemesinan Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Salam dapat dijelaskan sebagai berikut: a peserta didik. Dengan kondisi luas bengkel dan kapasitas peserta didik seperti itu, jika dirujukkan ke Permendiknas No.40 tahun 2008 bengkel pemesinan masih belum layak. Di dalam bengkel pemesinan terdapat fasilitas kerja bangku, kerja mesin bubut, kerja mesin frais, kerja mesin gerinda, ruang toolman dan ruang) Luas bengkel pemesinan adalah 150 m² dengan kapasitas menampung 15-18 instruktur. b) Peralatan bantu di bengkel pemesinan meliputi perabot ruangan, peralatan bengkel, media pendidikan, dan perlengkapan bantu lain. 2) Keoptimalan pemanfaatan peralatan bengkel pemesinan yang digunakan oleh siswa dalam proses belajar mengajar menunjukkan kecenderungan kategori cukup optimal (43,3 %) bila digunakan untuk kegiatan pembelajaran praktik. Bengkel belum digunakan untuk kegiatan unit produksi, kegiatan hanya difokuskan pada proses belajar mengajar praktik.

 Download : DISINI

Password : unycommunity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *